Monday 28 November 2016

Ternyata Dengan Shalat Lima Waktu Hutang Bisa Lunas

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Shalat lima waktu merupakan rukun islam yang kedua dalam Islam setelah syahadat. Hukumnya adalah wajib bagi muslim dan muslimah, serta tidak bisa diwakilkan. Apabila anda sedang sakit dan tidak bisa berdiri maka duduklah, jika tidak bisa dengan duduk maka berbaringlah, dan bila anda meninggal barulah ibadah shalat ini gugur kewajibannya bagi anda. Sebenarnya shalat merupakan kunci bahagia baik kehidupan di dunia maupun akhirat. Shalat adalah kunci penyelesaian dari segala masalah-masalah anda yang rumit, termasuk hutang.

Ternyata Dengan Shalat Lima Waktu Hutang Bisa Lunas


Hutang menjadi masalah pelik dalam kehidupan, terutama disaat kondisi hidup susah mau tidak mau jalan yang dapat diambil adalah dengan cara berhutang kepada orang lain. Bagi sebagian orang yang tidak dapat membayar atau melunasi hutangnya maka semakin rumit masalah hidupnya, apalagi jika hutang tersebut dibiarkan menumpuk.

Namun jangan cemas, apabila anda memiliki hutang yang melebihi kemampuan untuk membayarnya, maka dirikanlah shalat lima waktu. Bagaimana mungkin shalat bisa melunasi hutang? Pasti pertanyaan tersebut langsung muncul di pikiran anda. Tenanglah, Segala kesulitan hidup akan berubah menjadi kebahagiaan hanya dengan shalat.

Shalat Untuk Melunasi Hutang
Perintah shalat lima waktu disampaikan langsung dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW tanpa melalui perantara malaikat jibril saat beliau melaksanakan isra' mi'raj. Hal ini tentu saja istimewa, Sehingga Allah SWT menjelaskan dalam Al-Quran bahwa shalat itu lebih utama dari pada ibadah lainnya. Perhatikan terjemahan ayat berikut ini:

Artinya: Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Alquran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al ‘Ankabuut: 45)

Lalu kemudian bagaimana shalat bisa melunasi hutang? Menarik untuk disimak dan mungkin banyak dari kita yang belum tahu akan hal ini. Kebanyakan orang saat berhutang akan lari ke bank atau lembaga riba lainnya untuk menutup hutang mereka, lalu kenapa tidak lari kepada Allah? karena tidak tahu bahwa bantuan Allah itu dekat.

Sedikit contoh, ada orang yang cerdas bertanya "bisakah hutang dibayar dengan shalat? Bukankah membayar hutang itu harus dengan uang?"

Jawabannya adalah benar, membayarnya harus dengan uang. Tapi, pernahkah anda berpikir darimana sebenarnya uang bisa di dapat untuk melunasi hutang tersebut? Jawabannya adalah Allah SWT. Hanya Allah yang berkuasa memberikan dan melapangkan rezeki manusia, termasuk salah satunya rezeki uang. Shalat merupakan jalan yang dikatakan di dalam Al-quran untuk mendatangkan pertolongan Allah kepada kita. Poinnya adalah uang itu datang dari Allah, dan melunasinya adalah dengan uang..

Kemudian orang yang cerdas tadi protes, mungkinkah setelah shalat uang langsung akan jatuh dari langit ?

Tanpa kita sadari banyak cara Allah dalam memberikan rezeki kepada hambanya, jalannya pun sama sekali tidak pernah kita duga-duga. Berapapun jumlah hutang manusia, jika Allah sudah berkehendak maka pertolongan itu akan datang seperti keajaiban. Untuk memperoleh keajaiban tersebut cobalah mendekatkan dan menyerahkan diri pada-Nya dengan Shalat.

Coba simak firman Allah berikut dalam QS. Al-Baqarah:145, yang artinya :

"Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’"

Maksud dari ayat diatas adalah, dalam membayar hutang yang anda tidak mampu melunasinya, maka mintalah pertolongan Allah SWT dengan SABAR dan SHALAT.

Siapa yang dapat menghalangi jika Allah sudah menolong kita?

Dalam QS. Ali Imran:160 yang artinya:

"Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakkal."

Maka jadikanlah shalat lima waktu sebagai sarana mendatangkan pertolongan Allah, dan bersabarlah setelah itu. Cobalah bersungguh-sungguh dan buktikan hanya kepadaNya saja kita meminta.

Dirikanlah shalat dengan tata tertib dan rukun yang benar, serta kekhusyukan dalam menjalankannya. Kemudian tunggulah keajaiban yang akan terjadi dalam hidup anda. Bisa jadi bisnis yang anda jalankan mulai menanjak dan menghasilkan,  atau penagih melunak hatinya, dan jalan-jalan lain yang tidak disangka-sangka sebelumnya. Sungguh Allah menguasai segala jiwa dan harta yang ada di muka bumi ini.

Sumber : kumpulanmisteri.com

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ternyata Dengan Shalat Lima Waktu Hutang Bisa Lunas

0 komentar:

Post a Comment